Honai Smart News
  • Home
  • Studi Agama
  • “MENGAPA KITA HARUS MENCINTAI MUHAMMAD IBN ABDILLAH SAW”

“MENGAPA KITA HARUS MENCINTAI MUHAMMAD IBN ABDILLAH SAW”

Oleh. Dr. Habib. IDRUS AL-HAMID, S.Ag, M.Si

Suara Minor Cendekiawan Poros INTIM__.

 

Di bulan ini, kebanyakan Penduduk di Nusantara merayakan Hari Kelahiran Nabi Muhammad ibn Abdillah. Bentuk dan cara selalu berbeda, ada yang Barjanji/Diba’an, ada juga yang menggagas perlombaan.  Semua yang dilakukan apabila kita konfirmasi ke mereka pasti jawaban yang kita peroleh adalah mengikuti Tradisi masa lalu atau ikuti perintah Para Kiyai atau Habaib.  Masyarakat di Nusantara dari Sabang hingga Merauke, dari Istana hingga ‘Istri Muda’, bergembira saat Maulid Rasul. Rangkaian Irama Qosidah, taburan wangian, buah dan makanan serta lautan manusia yang sedang mengekspresikan rasa bayang-bayang ingin berjumpa dengan Muhammad Ibn Abdillah Saw.

Sesungguhnya kata pakar PSycologi Modern, seseorang akan menumpahkan rasa, mencucurkan air mata dan berada dalam kehampaan jiwa, karena rindu ingin jumpa belahan jiwa, jika mereka pernah berjumpa atau minimal pernah melihat Sosok yang di Cintai-nya__.

‘Amr bin al-‘Ash -sebelum ia masuk Islam berkata:

“Sesungguhnya tidak ada seorang manusia yang lebih aku benci dari-pada Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Namun setelah ia masuk Islam, tidak ada seorang manusia yang lebih ia cintai dan lebih ia agungkan daripada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia mengatakan: “Seandainya aku diminta untuk menggambarkan pribadi Rasulullah Saw, kepada kalian tentu aku tidak mampu melakukannya sebab aku tidak pernah menajamkan pandanganku kepada beliau sebagai pengagunganku kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

“Setiap kecintaan dan pengagungan kepada manusia hanya dibolehkan dalam rangka mengikuti kecintaan dan pengagungan kepada Allah. Seperti mencintai dan mengagungkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya IA adalah penyempurna kecintaan dan pengagungan kepada Rabb yang mengutusnya. Ummatnya mencintai beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam karena Allah telah memuliakannya. Maka kecintaan ini adalah karena Allah sebagai konsekuensi dalam mencintai Allah.”

Allah tidak akan mengijabah Do’a Setiap Makhluk-Nya, tanpa disertai dengan Sholawat dan pujian kepada Muhammad Ibn Abdillah Saw. Allah dan Para Malaikat-Ny Pun bersholawat kepada Muhammad Ibn Abdillah Saw. Allah menyatakan, dalam berbagi kesempatan bahwa Muhammad Ibn Abdillah, Saw. Adalah Rahmat bagi Semesta Alam. Kalaulah disadari oleh setiap kita, keutamaan Muhammad Ibn Abdillah Saw, dari segala Ciptaan Allah pasti kita akan Rayakan Maulid setiap saat__.

 

Tukisan sebagaimana tersebut di atas, merupakan refleksi Akademisi di saat semua Irang sedang Merayakan Hari Kelahiran Panutan Kami Rasulullah, Muhammad ibnu Abdillah Saw_. Kenali lah Beliau, jika Engkau Mengaku Sebagai Ummat-Nya. Tidak ada Makhluk yang Allah Puji dan Muliakan melainkan Muhammad Ibn Abdillah, Saw. Setiap kita wajib nemiliki Nasab Ilmu yang bersambung tanpa terputus hingga ke Raaulullah Muhammad Ibn Abdillah, Saw_.

Jayapura. 9/11/2019

By. Si Hitam Manis Cahaya Mitiara Hitam dari INTIM.

Related posts

“RENUNGAN JUM’AT – AKU CINTA NKRI SEPENUH HATI ” Oleh : Dr.Hb.IDRUS AL-HAMID SUARA MINOR POROS INTIM.

hersen

“MEMBANGUN ETALASE, MODERASI BERAGAMA DI NUSANTARA”

Zulfa

Dakwah Kampus – IAIN Fattahul Muluk Papua

hersen