Honai Smart News

GELORA NISFU SYA’BAN, HARUSNYA SHOLAWATAN

Oleh : Dr. Habib.IDRUS AL-HAMID

Bulan Sya’ban__, merupakan bulan yang sangat penting dalam kehidupan setiap muslim di Indonesia. Karena selain menjadi bulan yang dekat dengan Ramadhan dan sebagai bulan persiapan untuk menghadapi puasa di bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang sering diperingati secara rutin setiap bulan sya’ban, yaitu malam nisfu sya’ban.

Dalam kitab Madza fi Sya’ban__. Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki, menyebutkan beberapa peristiwa penting yang berimbas pada kehidupan beragama seorang muslim. Bulan sya’ban diturunkan ayat anjuran untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Yaitu QS. Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Teks sebagaimana tersebut di atas, dapat di maknai sebagai Novum dalam Teks Suci Wahyu. Bahwa sesungguh-nya Allah dan para Malaikat-NYA, bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw. Itu adalah Fakta yang tidak dapat di bantah. Lalu kenapa ada diantara Manusia yang ragu bersholawat kepada Rasulullah. Malahan yang paling sadis di temukan ada yang mengatakan itu adalah “Bid’ah” yang menyesatkan… Sadar laah, sadar laaah, sadar laah. Lu pikir menuju Syurga itu gampang kaleee.__.

Keutamaan Sholawat, di bulan Sya’ban memberikan artikulasi tersendiri, bahwa ” tidaklah hamba mampu menghampiri Allah, kalau tidak melalui Kekasih-NYA“. karena sesungguh-nya bulan ramadhan adalah bulan untuk setiap hamba yang beriman berupaya mendekatkan diri kepada Allah maka pintunya adalah Kekasih-NYA.

Kalau Sholawat adalah sebab Do’a di ijabah oleh Allah. maka setiap kita dapat renungi kata Ahli Hikmah, Kalau engkau mau mendekati Raja maka taklukanlah hati sang Permaisuri-NYA. Rasulullah adalah Kekasih Allah, Rasulullah adalah sumber dari segala Ciptaan di Alam jagad raya (bc.Rahmatan Lil ‘Alamiin). Tidak ada satupun Makhluk Ciptaan Allah, yang menembus “SIDRATUL MUNTAHA” terkecuali Nabi. Muhammad Ibn Abdillah. Meski Malaikat Jibril sekalipun, tidak mampu menghampiri Arsyi Allah Jallazalal.

Seandai-nya kita mau renungi akan kemuliaan dan keutamaan Rasulullah (bc.Nabi.Muhammad Ibn Abdillah). Maka sesungguh-nya tak ada Waktu Malam, yang tersisa tanpa sholawat. Kemuliaan dan keutamaan Rasul ” Mampu membelah bulan dan juga memancarkan air dari jemari-NYA. Tidak pernah menggunakan Hak-NYA yang di jamin oleh Allah untuk menghancurkan kota thaif. Si Buta (Kaffara) yang pagi dan petang menghujat dan mencaci maki Rasulullah, beliau balas dengan memberikan makan dengan tangan mulia-NYA. Apakah kita tidak tahu. Ataukah kita tahu tapi pura-pura lupa__.

Saudara-saudara KU. Gelora Nisfu Sya’ban , harus di maknai sebagi Gerai harapan, untuk mendapat senyuman dalam jawaban dari Rasulullah. Sadar atau tidak kita sadari, di balik tirai kehampaan insan, yang kurang menaruh rasa terima kasih kepada Rasulullah pemberi Syafaat kita mungkin selalu lalai. Andaikan Engkau dapat renungi ” Kenapa Koo_, Allah dan Para Malaikat-NYA bersalawat kepada Rosul, dan Allah sendiri mengajak orang-orang beriman untuk bersholawat kepada Rasulullah Saw (bc.Nabi.Muhammad Ibn Abdillah). Ingat yang abadi jangan disia-siakan, itu mala petaka Akhir Zaman_.

Jayapura, Senin, 22 April 2019

Related posts

” NABI MUHAMMAD IBN ABDILLAH CAHAYA ILAHIYAH DIMUKA BUMI”

hersen

“RENUNGAN JUM’AT – AKU CINTA NKRI SEPENUH HATI ” Oleh : Dr.Hb.IDRUS AL-HAMID SUARA MINOR POROS INTIM.

hersen

Bekal di Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi, Apa yang Telah Kita Persiapkan?

hersen