Honai Smart News

” FEODALISME, SHICOLOGI PERADABAN MANUSIA MODERN “

Oleh : Dr.Habib IDRUS AL-HAMID, M.Si
Cendekiawan Poros INTIM.

Saudara-saudara KU.

Manusia adalah mahluk sosial yg memiliki kecendrungan, terhadap sistem dalam pranata sosial. Setiap manusia selalu beradaptasi dengan fenomena yg terjadi di sekeliling-nya. Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu, disaat berhadapan dengan Pimpinan atau sistem yg berlaku dalam Pranata sosial mereka selalu bersikap feodalis. Tunduk dan patuh sebagai bahagian dari sikap feodalis yg di munculkan. Seperti, tidak membantah, tidak Protes dan atau Apriori dalam melihat gejala karena takut salah, ini dapat berkonstribusi lahirnya feodalisme.

Sikap dan atau karakter feodalis, seperti itu yg membuat atasan-Nya akan terlihat feodal. Menghormati, dengan terbelenggu oleh rasa Khawatir dan takut pasti akan merubah “character building” setiap individu yg lugas dan tegas menyampaikan gagasan berubah menjadi “Mellow”. Hal ini akan berakibat pada lahirnya “sistem feodalisme” yg mungkin atasan-Nya juga tidak menghendaki hal demikian. Untuk itu dapat dilihat bahwa, hubungan antara Pimpinan dengan orang-orang yg berada di sekeliling-Nya, dikemas berbentuk Keprotokoler sebagaimana diatur dalam UU No. 9 tahun 2010. Merupakan bentuk adopsi sistem feodalis dalam kegiatan ke-tata negara atau kegiatan lainnya.

Kultur feodalisme sebagaimana tersebut di atas, tidak berdampak negatif, jika setiap Pemimpin tidak sensitive terhadap isu-isu yg disampaikan oleh mereka yg berada disekeliling-Nya dan atau di luar kekuasaan-Nya. Artinya setiap kritikan dan pujian merupakan suplemen dalam menetapkan kebijakan Makro, yg berakibat pada hajad hidup Masyarakat yg majemuk. Setiap kita pasti menyadari bahwa, tidak semua Informasi kita ketahui, tanpa ada dinamika di ruang publik sebagai sebuah proses yg kita kenal dengan Uji Publik terhadap kebijakan-kebijakan yg menyangkut ” Keadilan Sosial, kedaulatan SDA dan Penguatan SDM yang Unggul dan terampil dalam menghadapi kompetitor di Zaman 4.0__.

Unrtuk itu kita setidaknya dapat memahami bahwa. Konsep feodalisme, merupakan hukum kausalitas yang telah lahir dalam kehidupan manusia berabad-abad lamanya. Hanya ada yg moderat dalam ekspresi perilaku dan hubungan antar sesama, namun ada yg Paternalistik dalam memahami hubungan Struktur kelembagaan dengan realita kehidupan sosial__.

Kamis, 22/08/2019

By. Si Hitam Manis Pelipur Lara di Timur Nusantara__. Selalu mengetuk hati kita.

Related posts

SETIA KEPADA NKRI, LEBIH BAIK MATI KETIMBANG HILANG HARGA DIRI

hersen

” PEREMPUAN DALAM DUNIA POLITIK DAN PELATARAN BUDAYA “

hersen

PANORAMA KEBENARAN DAN KEADILAN SEJATI, TAK PILIH KASIH

hersen