Honai Smart News

” RENUNGAN FILOSOFI MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA “

Oleh. Dr.Hb. IDRUS AL-HAMID

REKTOR IAIN FATTAHUL MULUK PAPUA

Bunyi alenia ke empat pembukaan UUD 1945 sebagai berikut; “ Kemudian dari pada itu, untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia__.

Apabila di renungi, para leluhur Pendiri Bangsa Indonesia Raya, secara tegas menyatakan  bahwa hadirnya negara sebagai MoU ( Memorandum of understanding ), bagi setiap aktor yang berada di berbagai belahan Nusantara, wajib mewujud nyatakan nilai-nilai yang terkandung dalam alenia ke Empat UUD 1945. Bentuk dan cara itu pilihan.

Sudah seberapa jauh negara hadir mencerdaskan Kehidupan Bangsa..??? Apakah ada upaya agar Bangsa Indonesia jangan sampai cerdas saat ini…???. Sebagai bahagian dari prahara kalau “ANAK NEGERI DI INDONESIA RAYA” yg cerdas tidak di wadahai hingga harus ” Berkelana”  keluar negeri dan di percaya karena di Negeri sendiri merasa terpenjara karena tidak di percaya.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Setidaknya, memilah karena konsekuensi wilayah beragam, bukan memilih atas dasar indeks prestasi akademik dengan meniadakan Indeks prestasi Non-akademik. Karena banyak Sarjana yg IPK comlaude namun tidak terampil__.

Saat-nya kita merajut kembali komitmen untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia Raya. Kita tegaskan kembali bahwa Pendidikan Rakyat Semesta sebagai model terkini harus di galakkan. Pusat-pusat pengembangan keterampilan masyarakat harus segera di siapkan. Negara bersama Masyarakat hadir dalam menyiapkan Anak Negeri yang cerdas dan terampil. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.

Jayapura, 26/06/2019

By. Si Hitam Manis Pelipur Lara. Suara Minor Poros belahan Timur Nusantara

Related posts

“#JOKOWI 2019 LANJUTKAN DAN #2019 GANTI PRESIDEN”

hersen

“BAHAYA SUNAMI KAUM HUANPENG DARI TENGSUA “

hersen

AKULTURASI AGAMA DAN BUDAYA PANORAMA DI NUSANTARA

hersen