Honai Smart News

PANORAMA KEBENARAN DAN KEADILAN SEJATI, TAK PILIH KASIH

Oleh  : Dr.Hb.IDRUS AL-HANID

Suara Minor Poros INTIM

 

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. AL-MAIDAH : 8 ).

 

Disaat seorang tokoh terpandang, menyampaikan kebencian terhadap suatu Kaum, disaat yang sama Panorama langit mulai berubah. Amarah dan kebencian yang dilakukan oleh mereka, akan memberi gambaran bahwa sesungguh-nya mereka sedang Panik dalam menghadapi peradilan sang-Maha Adil. Mereka berpikir mampu menyembunyikan kebenaran atau mampu menyembunyikan Kegagalan/kejanggalan.

 

Diantara ciri-ciri, kesalahan seseorang memahami kelompok dan atau orang lain adalah,  Khawatir kehilangan Popularitas, Takut Kehilangan Komunitas dan atau takut kehilangan Identitas. Kebencian terhadap Individu atau kelompok Masyarakat tertentu, jangan sampai membuat Engkau tidak dapat menegakkan kebenaran dan berlaku adil. orang-orang demikian akan di hinggapi penyakit Highly Sensitivitas akut. Penyakit ini membuat seseorang Paranoid menerima Kebenaran dan Keadilan dari kelompok yang di-anggap berbahaya,  karena dicurigai akan menghancurkan Reputasi/Karier dan atau Popularitas atau mungkin akan kehilangan komunitas sebagai sumber Kapital.

 

Setidak-nya kita harus paham sejarah masalalu. Sejarah ditahun 600, di Nusantara Kaum Hadrami menjadi Pelopor kebangkitan Gerakan Rakyat Semesta terhadap ” Perolehan hak-hak Kaum Inlader/Pribumi “. Mereka bukan benalu dalam Sejarah, mereka tidak seperti Aseng dan Asing yang memburu Rente Kapital dangan menghalalkan segala macam cara. Kebenaran harus diceritakan dan Keadilan harus di Tegak-kan, sehingga Engkau dekat di Pelataran ke-taqwaan bukan kemusyrikan Jahiliyah Modern__.

 

HTL.CLARO Makassar, 11/05/2019

By. Si Hitam Manis Selalu Merana rindu ketemu dengan yang membaca

Related posts

” PARADOKS KARYA MONUMENTAL AKADEMIK ”

hersen

Media Online Honai Smart Harapan Kita, Gerbang Berita dari Tanah Papua

Idrus Alhamid

DAMAI ITU INDAH

Zulfa